Akhirnya, 1.400 Rumah Kumuh Bakal Punya Septick Tank

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok, Dudi Miraz Imadudin (Istimewa)

MARGONDA- Pemerintah Kota Depok telah menargetkan sebanyak 1.400 septick tank individual dan komunal pada sejumlah pemukiman kumuh yang tersebar di 11 kelurahan. Program sanitasi berkelanjutan ini bagian dari upaya menjaga kelestarian sungai atau kali.

“Iya itu untuk memenuhi open defecation free, targetnya saya lupa berapa banyak, kalau enggak salah untuk sekira 1.400 an rumah sampai dengan selesai,” ucap Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok, Dudi Miraz Imadudin, Selasa 9 Maret 2021

Adapun lokasi terkait program tersebut adalah sejumlah pemukiman kumuh. Akan tetapi Dudi mengaku tidak hafal secara detail karena data ada di kantor.

“Intinya sasaran kami daerah yang kumuh perkotaan sesuai SK Wali Kota. Daerahnya di 11 kelurahan,” katanya

Baca Juga: Waduh! 8.870 Rumah di Depok Belum Punya Septick Tank

Selain itu, Disrumkim juga telah menyiapkan program layanan sedot tinja berbasis digital yang disebut Layanan Lumpur Tinja Terjadwal atau LLTT.

“Cuma kan suasana pandemi begini kita sosialisasinya agak kerepotan karena enggak bisa tatap muka harus melalui online,” bebernya

Nantinya, rumah yang didaftarkan, bakal mendapat layanan sedot tinja secara berkala.

“Misalnya disedot hari ini, tiga tahun mendatang pasti sudah diinformasikan oleh LLTT, pak wc anda sudah penuh, sudah waktunya sedot, kayak mobil-lah udah ganti oli 1 tahun berikut diinformasikan.”

Jika berminat, kata Dudi, masyarakat bisa mendaftar melalui aplikasi yang tersedia.

“Bisa mendaftar secara online melalui link yang disiapkan oleh UPT IPLT, bisa langsung. Tapi, tetap harus melalui onlien, tidak bisa datang.” (rul/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here