Aipda Ambarita dan Aiptu Jacklyn, Dua Polisi Artis yang Dimutasi Gegara Ini

Aiptu Jakaria alias Jacklyn (Foto: Istimewa)
Aiptu Jakaria alias Jacklyn (Foto: Istimewa)

DepokToday- Polda Metro Jaya melakukan mutasi terhadap dua anggotanya yang dikenal sebagai polisi selebritis, mereka adalah Aipda Ambarita dan Aiptu Jakaria alias Jacklyn Choppers. Kebijakan tersebut belakangan ini ramai menyita perhatian publik.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, Aipda Ambarita dimutasi gegara videonya yang sedang memeriksa isi HP warga dalam sebuah patroli viral di media sosial.

Kelakuan Aipda Ambarita ini dinilai menyalahi SOP, akhirnya polisi selebritis ini dimutasi dari Banit 51 Unitdalmas Satsabhara Polres Metro Jakarta Timur menjadi Bintara Bidhumas Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Katar Tapos Manfaatkan Maulid Nabi Hadapi Dampak Buruk Teknologi

Mutasi Aipda Ambarita tertuang dalam surat telegram nomor ST/458/X/KEP./2021 tanggal 18 Oktober 2021. Telegram ini ditandatangani Karo SDM Polda Metro Jaya Kombes Putu Narendra atas nama Kapolda Metro Jaya.

Setelah dimutasi, Aipda Ambarita menunjukkan berbagai dukungan yang mengalir kepadanya melalui media sosial Instagram. Salah satunya foto karangan bunga yang mengatasnamakan warga Jakarta Timur.

“Tetap semangat Bapak Aipda MP Ambarita, terus menjadi terang di tengah kegelapan di manapun berada, Tuhan selalu menyertai bapak di tempat batu,” demikian ucapan karangan bunga tersebut.

Baca Juga: Kota Depok Sudah PPKM Level 2, Ini Bentuk Pengaturan Aktivitasnya

Dukungan dari warganet pun bermunculan untuk Aipda Ambarita. Salah satunya dari akun @ayubdipo. Akun ini menuliskan beda dong hasil kerja dengan hasil pencitraan, mengomentari karangan bunga dukungan untuk Aipda Ambarita.

“Pencitraan tentu akan berbeda dengan kinerja yang tulus dan baik dan menghasilkan output dan impact yang besar untuk masyarakat, tetap semangat pak @mpambarita,” tulis akun tersebut.

Akun lain menyemangati Ambarita adalah akun @rinclau.

“Tetap semangat dan sukses selalu tulang @mpambarita di manapun ditempatkan selalu jadi terang bagi masyarakat,” kata akun itu.

Baca Juga: PLN Depok Bagikan Informasi Wilayah Padam Listrik di Sekitar Sawangan

Selain itu dalam Insta Story-nya, Ambarita mengingatkan lagi soal ucapannya bahwa berbuat baik itu nggak kenal posisi dan jabatan.

“Tetap berbuat baik walaupun tidak mendapatkan yang terbaik. Karena inti dari berbuat baik dalah tetap berbuat baik,” kata Aipda Ambarita.

Aipda Ambarita Dimutasi Karena Salahi SOP, Kalau Jacklyn?

Bid Propam Polda Metro Jaya kini tengah memeriksa Aipda Ambarita. Dia diduga telah melakukan kesalahan SOP ketika melakukan pemeriksaan HP milik warga.

Adapun kasus ini bermula dari beredarnya sebuah video yang perlihatkan aksi periksa ponsel terhadap warga yang beredar di media sosial dan menjadi viral.

“Memang betul kita akui Pak (Aipda) Ambarita itu ada kesalahan SOP sehingga sekarang ini Pak Ambarita diperiksa di Propam,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, dikutip pada Rabu 20  Oktober 2021.

Baca Juga: Ini Penyebab Baperan, Ternyata Penangkalnya Cukup Dengan Seledri

Yusri menyebutkan, bahwa seorang anggota polisi memiliki wewenang untuk memeriksa handphone. Namun, ini harus dilakukan sesuai dengan SOP atau prosedur yang berlaku.

“Contoh dari Resmob menangkap pelaku penadahan misalnya, bisa enggak memeriksa handphone, boleh, kalau sesuai SOP,” kata Yusri.

Aipda Ambarita dan Jacklyn dimutasi. (Foto: Istimewa)
Aipda Ambarita dan Jacklyn dimutasi. (Foto: Istimewa)

Sedangkan untuk Ambarita, saat ini masih diselidiki kesalahan SOP yang diduga dilakukannya. Jika terbukti ada kesalahan, maka akan diberikan sanksi tegas.

“Dugaan terhadap Pak Ambarita ini akan kita lakukan pemeriksaan di Propam. Kalau ada kesalahan disiplin akan kita tindak tegas,” tutur Yusri.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Menurun, Pemerintah Tutup Tempat Karantina Wisma Makara UI

Namun terlepas dari persoalan tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan jika membutuhkan dua sosok polisi tersebut, karenanya mutasi dilakukan.

Dijelaskan Yusri jika selama ini Aipda Ambarita dan Jacklyn merupakan sosok yang banyak dikenal dan memiliki pengikut di sosial media yang sangat populis. Dua anggota tersebut dinilai memiliki kecapakan dan kemampuan mendukung kerja humas.

“Pak Ambarita dan Pak Jacklyn merupakan sosok yang dikenal dan menggunakan sosial media, lihat saja pengikutnya di sosmed sangat banyak,” jelas Yusri. (rul/*)