Ahli Ungkap Kenapa Uban Tidak Perlu Dicabut, Ini Penjelasannya

Ilustrasi uban (Foto: Istimewa)
Ilustrasi uban (Foto: Istimewa)

DepokToday –  Munculnya uban pada rambut menjadi salah satu perkara yang mengganggu penampilan. Akibatnya kita yang merasa terganggu mencoba untuk mencabutnya.

Namun, yang perlu diketahui adalah, mencabut uban bukan merupakan solusi, tapi malah membikin semakin parah kondisi rambut yang beruban.

Dokter spesialis kulit dari Eileen Tan Skin Clinic & Associates di Mount Elizabeth Novena Hospital, Dr Eileen Tan mengatakan bahwa mencabut uban terus-menerus dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen.

“Faktanya, folikel (kantung kecil di kulit kepala tempat tumbuhnya rambut) yang menghasilkan uban yang kita cabut mungkin akan menghasilkan helaian uban lain di tempatnya walaupun tidak banyak,” terangnya.

“Tetapi, yang lebih buruk adalah jika kita sering mencabut folikel yang sama, pabrik pembuat rambut ini akan mogok dan berhenti memproduksi rambut selamanya,” sambung dia.

Di sisi lain, penata rambut dan direktur kreatif pendidikan di Sachajuan, Trey Gillen menuturkan bahwa mencabut rambut berwarna putih ini dalam jangka panjang dapat menimbulkan lebih banyak kerugian.

“Mencabutnya bisa membuat folikel rambut trauma dan kita bisa merusak folikel sampai tidak ada lagi rambut yang tumbuh,” kata Gillen. “Jika dilakukan secara berulang, mencabut uban bahkan dapat menyebabkan infeksi, pembentukan bekas luka, dan kebotakan. Pada akhirnya, ini akan membuat rambut yang lebih tipis,” lanjut dia.

Menurutnya, hal ini juga berdampak pada lebih sedikitnya melanin yang dihasilkan oleh folikel dan menyebabkan lebih sedikit pula sebum yang dihasilkan, sehingga rambut putih ini memiliki tekstur yang berbeda dari helai berpigmen lainnya.

“Dalam beberapa kasus, uban yang tumbuh kembali di tempatnya akan menjadi lebih, kasar, lebih tebal, dan lebih terlihat daripada rambut yang kita miliki sebelumnya,” jelas Gillen.

Cara Memperlakukan Uban yang Benar

Baca Juga: Heboh Pengamen Depok Bersuara Mirip Charly ST12, Nih Videonya

Jadi, hal terbaik yang harus dilakukan jika kita melihat rambut putih ini adalah mengabaikannya atau mewarnainya kembali. Namun, apabila ada helai uban yang benar-benar harus disingkirkan.

Gillen menyarankan agar kita memotongnya dengan sangat hati-hati. Sementara itu, menurut Healthline. Tidak ada jumlah suplemen vitamin, tonik rambut, dan penghilang stres yang akan mengembalikan produksi melanin atau pigmentasi folikel.

Setelah folikel mematikan produksi melaninnya. Selanjutnya rambut yang dihasilkannya selanjutnya akan terus berbuah menjadi rambut putih dan kita tidak dapat mengaktifkan kembali melanin. Tapi itu bukan berarti kita tidak dapat membantu sisa folikel untuk menahan melanin lebih lama.

Dokter Tan pun merekomendasikan kita untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B6, B12 yang keduanya dapat ditemukan dalam daging, ikan, dan produk susu.

Lalu mengonsumsi vitamin D dalam bayam, kangkung, sarden, dan salmon yang membantu rambut kita untuk mempertahankan pigmentasi dan mampu menunda munculnya uban secara keseluruhan. (lala/*)