Agustus, Pemkot Buka Alun-alun Depok Asalkan Penuhi Syarat Ini

Alun-alun Kota Depok yang rencananya bakal dibukan kembali pada Agustus mendatang. (istimewa)
Alun-alun Kota Depok yang rencananya bakal dibukan kembali pada Agustus mendatang. (istimewa)

DEPOK – Lama ditutup karena Pandemi Covid-19, Pemerintah Kota berencana membuka alun-alun Kota Depok. Pembukaan alu-alun ini dilakukan secara bertahap.

Kepala UPTD Tahura Kota Depok, Purnomo Sujudi menyebutkan, pihaknya melakukan uji coba pembukaan alun-alun bagi warga Depok paling cepat pada Agustus 2021.

“Kami memang berencana membuka alun-alun paling cepat Agustus ini dengan istilah uji coba pembukaan Alun-alun New Normal,” sebut dia.

Percobaan pembukaan alun-alun ini menurut dia, dilakukan hanya mulai Selasa hingga Jumat tiap pekannya. Meski begitu, semua rencana itu harus melihat kondisi penyebaran COVID-19 di Kota Depok saat ini.

Baca juga: 1,1 Ton Sabu Jaringan Timur Tengah Diamankan, Tersangka Kendalikan dari Lapas

Lebih lanjut kata dia, saat ini pihaknya tengah melakukan pembangunan pagar pada sisi samping dan depan. “Saat ini juga masih dilakukan pembangunan pagar sisi depan dan samping. Untuk waktu pembangunan ini prediksinya tiga sampai empat bulan,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Depok menutup alun-alun ini sejak Maret 2020 lalu. Hal itu dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus asal tiongkok itu di Kota Depok.

Alun-alun yang hadir pada awal 2020 itu rencana bakal mampu menjadai lokasi yang digunakan warga Depok berkumpul melakukan berbagai kegiatan. Sayangnya, tidak lama berselang resmi dibuka, kasus COVID-19 pertama di Depok sekaligus di Indonesia muncul.

Saat ini, kasus positif COVID-19 di Kota Depok kembali meningkat. Berdasarkan data pemerintah kota, jumlah kasus aktif mencapai lebih dari 2.000 orang. Angka itu mengalami lonjakan drastis jika dibandingkan pada pekan lalu. (lala/*)