adidas Luncurkan Bola Pertandingan Semifinal dan Final Piala Eropa 2020

Bola Uniforia Finale.(Foto: Instagram adidasfootball)
Bola Uniforia Finale.(Foto: Instagram adidasfootball)

LONDON—adidas hari ini mengumumkan peluncuran Uniforia Finale sebagai bola resmi pertandingan semifinal dan final Piala Eropa 2020.

Dilansir uefa.com, detail ekstra telah ditambahkan ke bola untuk merayakan lokasi dan pentingnya tiga pertandingan terakhir di turnamen, sambil juga memastikan bahwa bola menonjol di lapangan permainan.

Ini termasuk detail tanda air Stadion Wembley—tempat semifinal dan final akan dimainkan—serta cetakan putih ekstra untuk penampilan yang ringan.

Fitur-fitur ini dikontraskan dengan sapuan kuas sinyal hijau, merah, cyan (biru kehijau-hijauan), dan merah muda, terinspirasi oleh simbol ikonik London.

Warna tradisional yang berada di latar belakang mewakili langit London pada malam hari.

“Bolalah yang menyatukan kita, untuk melihat kemungkinan dunia. Masa depan adalah kemungkinan yang menunggu,” tulis status instagram adidasfootball.

DIBACA JUGA: Inilah Nama Bola yang Dipakai pada Pertandingan Piala Eropa 1968—2020

Arti Uniforia

Terungkap pada November 2019, Uniforia dinamai berdasarkan persatuan dan euforia yang dapat dibawa oleh kompetisi tim nasional tingkat atas.

Piala Eropa 2020 yang berlangsung di 11 negara Eropa dan Uniforia dirancang untuk merayakan inklusivitas ini.

Desainnya menunjukkan garis gaya sapuan kuas hitam yang berani melintasi bola, melambangkan kaburnya batas dan melintasi batas sebagai cerminan format lintas benua baru kompetisi.

Sapuan lebar ini diselingi dengan kilatan warna-warna terang, mewakili keragaman turnamen dan perpaduan budaya yang berbeda.

Karena Piala Eropa 2020 sudah memasuki tahap semifinal, adidas pun merilis bola Uniforia Finale yang dipakai pada pertandingan babak empat besar itu sekaligus juga untuk laga final.

Pertandingan semifinal Piala Eropa 2020.(Foto: Tangkapan layar situs resmi UEFA)
Pertandingan semifinal Piala Eropa 2020.(Foto: Tangkapan layar situs resmi UEFA)

Dan tim yang akan memakai bola buatan perusahaan sepatu asal Jerman itu adalah Italia, Spanyol, Denmark, dan Inggris.

DIBACA JUGA: Jadwal Semifinal dan Perseteruan para Semifinalis Piala Eropa 2020

Empat tim tersebut akan bertarung memperebutkan tiket ke final Piala Eropa 2020 pada Rabu 7 Juli 2021 dan Kamis 8 Juli 2021 dini hari WIB.

Italia vs Spanyol menjadi pertandingan semifinal pertama pada Rabu 7 Juli 2021, disusul laga semifinal kedua antara Denmark vs Inggris sehari kemudian. Semua laganya dipusatkan di Stadion Wembley, London, Inggris.

Dua pemenang akan melaju ke babak final Piala Eropa 2020 hari Minggu, 11 Juli 2021 di stadion yang sama, Wembley.

(tdr/*)