Ade Armando Kritik Soal Shalat 5 Waktu, Jawaban Ketua MUI Tajem

Ade Armando (Foto: Istimewa)
Ade Armando (Foto: Istimewa)

DepokToday- Dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando kembali menjadi sorotan publik. Kali ini, soal pernyataanya yang menyebut tidak ada perintah shalat lima waktu  dalam Al Quran.

Menanggapi hal itu, Ketua MUI Cholil Nafis akhirnya turut angkat bicara. Adapun pernyataan Ade Armando sendiri kala itu dilayangkan saat beradu argumen dengan imam masjid New York Shamsi Ali.

Baca Juga: Siswa Kembali Positif COVID-19, Satgas Putuskan PTMT Berlanjut

Nah Shamsi Ali terpancing marah atas ucapan Ade Armando. Lantas bagaimana Ketua MUI Cholil Nafis menyikapi dosen UI tersebut?

Menurut Cholil, apa yang disampaikan Ade Armando memang clear. Bahwa di dalam Al Quran tak ada perintah salat 5 waktu. Dalam artian, soal berapa penunjukan waktu salat.

“Kalau dalam Al Quran seperti yang disampaikan Ade Armando, kan jadi ada waktu-waktu yang ditentukan dalam Alquran. Tetapi mengartikan Alquran itu tidak cukup hanya Alquran saja, harus dengan hadist, karena hadist itu bagian dari wahyu juga,” kata dia di AKI, dikutip pada Jumat 5 November 2021.

Baca Juga: Disikat Polisi, Rupanya Begini “Gaya Main” Curanmor di Depok

Ia menjelaskan, mengapa salat 5 waktu tetap dianggap penting, lantaran mengikuti bagaimana Rasul mendirikan salat. Jadi, kata Cholil, jika melihat keterangan Armando, Ketua MUI menganggap tak ada yang salah.

“Tetapi dalam arti pemaknaan Al Quran tidak menjelaskan 5 waktu. Bukan kewajiban shalatnya,” katanya.

Ketua MUI Tadinya Ogah Ladeni Ade Armando

Dalam kesempatan itu, Cholil lantas mengucapkan bahwa sebenarnya dia tak begitu tertarik menanggapi polemik Armando dengan Shamsi Ali. Apalagi, pancingan ini disadari memang sengaja ditembak ke Shamsi Ali, hingga disebutnya berhasil.

“Hanya saja begini, ini kan Bung Ade Armando sebetulnya memancing Ustaz Shamsi Ali dan dia sudah berhasil. Karena Pak Shamsi Ali sudah marah begitu lho. Nah kalau saya enggak ikut marah, karena dia enggak ikut mancing saya, enggak mancing kita,” katanya.

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Sarankan Para Wanita Hindari Makanan Ini, Efeknya Berbahaya

Cholil lalu bilang bahwa untuk urusan shalat, sebaiknya Ade tak begitu pantas ketika berbicara soal syariah. Sebab itu bukanlah kemampuannya. Maka itu, MUI dalam hal ini coba mengantisipasi agar masyarakat tak salah paham dengan ini.

“Kalau salat 5 waktu bagi Sunni tak bisa diganggu gugat. Meski di dalam Al Quran waktunya 3. Karena kita mengikuti cara nabi salat,” ujarnya. (rul/*)