Ada di “Grup Keras” Kualifikasi Piala Dunia, Pelatih Vietnam Nyatakan Ini

Trofi Piala Dunia.(Foto: FIFA)
Trofi Piala Dunia.(Foto: FIFA)

DEPOK—Vietnam membuka lembaran sejarah baru sepak bola nya dengan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Vietnam melaju dari babak kedua ke babak ketiga kualifikasi setelah menempati posisi runner-up Grup G. Bersama Vietnam, Uni Emirat Arab (UEA) juga lolos dari grup ini sebagai juara.

Vietnam menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara [ASEAN] yang akan  bertanding di babak penentu menuju Piala Dunia Qatar tahun depan.

Pertandingan UEA vs Vietnam.(Foto: Twitter Viet Nam Football)
Pertandingan UEA vs Vietnam di babak kualifikasi kedua Grup G Piala Dunia 2022.(Foto: Twitter Viet Nam Football)

Dari hasil undian kualifikasi ketiga, Vietnam tergabung di Grup B bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Cina PR, dan Oman. DIBACA JUGA: Ini Hasil Pembagian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Grup ini disebut-sebut memiliki persaingan paling keras karena dihuni tiga tim [Jepang, Arab Saudi, dan Australia] yang langganan tampil di Piala Dunia.

Grup A dan Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter FIFA World Cup)
Grup A dan Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter FIFA World Cup)

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, sadar betul mengenai peta persaingan tersebut. Yang, jelas kata Park Hang-seo, timnya dapat mengambil kesempatan untuk belajar dan berkembang.

“Ini adalah pertama kalinya sepak bola Vietnam mencapai babak kualifikasi final dan di Grup B setiap tim memiliki warna, semangat tim, dan gaya permainannya sendiri. Ini adalah kesempatan bagi sepak bola Vietnam untuk belajar dan berkembang saat kami mempersiapkan diri untuk pertandingan ini,” kata Park Hang-seo dilansir afc.com.

DIBACA JUGA: UEA Akhirnya Depak Vietnam dari Puncak Klasemen Grup G

Ia menegaskan, meski berada satu grup dengan tim-tim yang levelnya berada di atas Vietnam, dirinya akan siap untuk bertanding dan memberikan yang terbaik.

“Kami akan memainkannya satu per satu. Di Grup B semua tim lebih baik dari kami, tetapi kami akan bersiap untuk setiap pertandingan dengan hati yang rendah hati dan semangat yang menantang, kami akan mencoba yang terbaik,” katanya.

Hanya Empat Tim

Untuk diketahui, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 adalah babak penentuan 12 tim dari Asia untuk tampil di Piala Dunia tahun depan yang berlangsung di Qatar.

Peringkat satu dan dua (runner-up) Grup A dan Grup B, akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2022. Sementara peringkat ketiga dari masing-masing grup harus menjalani babak keempat.

Pemenang dari babak keempat akan kembali menjalani babak play-off antar benua. Jika tim dari Asia berhasil menjadi pemenangnya, maka wakil tim Asia di Piala Dunia 2022 adalah lima tim.

(tdr/*)