Ada 34 Kasus COVID-19 di PON Papua, Satgas Evaluasi Penyelenggaraan

Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)
Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)

DepokToday – Satgas temukan adanya 34 kasus COVID-19 pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON ke-XX Papua, membuat pemerintah melakukan pengatatan monitoring dan evaluasi kepatuhan protokol kesehatan pada kegiatan tersebut.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan, Pemerintah memperketat monitoring dan evaluasi kepatuhan protokol kesehatan.

Dengan memonitor pemakaian masker, mencuci tangan dan menjaga jarak selama perhelatan PON. Termasuk meminta seluruh kontingen membatasi aktifitas diluar pertandingan.

“Kemunculan kasus positif pun, juga segera ditangani secara profesional oleh tenaga kesehatan setempat sehingga mencegah meluasnya penularan kepada Kontingen atau masyarakat,” sebut Wiku dikutip dari situs covid-19.go.id pada Minggu 9 Oktober 2021.

Hingga saat ini terdapat 34 kasus positif COVID-19 dalam penyelenggaraan PON Ke-XX Papua. Mereka yang positif COVID-19 seluruhnya tanpa gejala dan diharapkan dapat segera pulih.

Dari data per 5 Oktober terdapat 58 fasilitas isolasi terpusat (isoter) yang tersebar di Provinsi Papua dengan keterisian 11 persen dan tersisa sekitar 2027 tempat tidur.

“Pemerintah setempat akan terus mengawasi sirkulasi masuk dan keluarnya pasien dan berupaya keras setiap pasien yang menjalani isolasi dapat keluar dengan sembuh sepenuhnya,” tambah Wiku.

Selain itu, upaya pengendalian COVID-19 oleh pemerintah dilakukan dengan menyusun kebijakan terkait kewajiban menjalankan protokol kesehatan ketat.

Bahkan setelah sampai ke daerah asal melakukan karantina serta melakukan testing ulang untuk benar-benar menjamin yang bersangkutan sehat.

Baca Juga: Pasukan Khusus Amerika Latih Militer Taiwan, China Meradang

Selain itu, Pemerintah juga akan tetap melakukan whole genome sequencing sebagai upaya surveillans berkelanjutan untuk memantau varian COVID-19 yang ada di Indonesia.

Walau COVID-19 ditemukan di PON Papua, Pemerintah Apresiasi

“Saya ingin menyampaikan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Papua yang telah menyelenggarakan perhelatan PON ke-XX yang kondusif di tengah pandemi. Saya juga ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia khususnya tim kesehatan yang tanggap dalam melakukan penanganan kasus positif,” kata dia.

Satgas Penanganan COVID-19 meminta seluruh partisipan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Papua, seperti atlet, ofisial, pelatih, dan penonton tetap menjunjung tinggi sportifitas dan selalu waspada akan potensi penularan COVID-19. Disiplin menjalankan protokol kesehatan saat berada di ajang perhelatan menjadi keharusan. (lala/*)