8 Petugas Dishub Dipecat Gegara Melanggar PPKM Darurat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan tegas memerintahkan agar 8 petugas Dishub pelanggar PPKM Darurat dipecat. (Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan tegas memerintahkan agar 8 petugas Dishub pelanggar PPKM Darurat dipecat. (Istimewa)

JAKARTA- Delapan oknum petugas Dinas Perhubungan atau Dishub, DKI Jakarta dipecat usai video viral yang memperlihatkan mereka sedang nongkrong di warung kopi di tengah kondisi PPKM Darurat.

Proses pemecetan kedelapan oknum Dishub tersebut dinstruksi secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Jumat 9 Juli 2021.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, mereka dipecat karena dianggap melakukan dua pelanggaran disaat PPKM Darurat.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, pelanggaran pertama, delapan anggota PJLP itu tidak melaksanakan apel di Polda Metro Jaya yang setiap malam dilakukan pada pukul 22.00 WIB sampai pukul 04.00 WIB.

“Kemudian pelanggaran kedua mereka malah nongkrong di warung kopi ketimbang mengikuti apel bersama jajaran Polda Metro Jaya,” katanya dikutip pada Sabtu 10 Juli 2021.

Jadi, kedelapan petugas tersebut juga melanggar ketentuan PPKM Darurat yang melarang dine in dan berkerumun di rumah makan sesuai Keputusan Gubernur Nomor 875 tahun 2021 tentang PPKM Darurat.

Baca Juga: Aturan Baru PPKM Darurat, Resepsi Pernikahan Dilarang

Adapun larangan dalam putusan itu khususnya terkait dengan pengaturan makan dan minum di warung, ruang makan, warkop, PKL, dan juga sejenis lainnya, yaitu dilarang makan di tempat yang diperbolehkan hanya delivery atau take away.

“Nah ini yang dilakukan pelanggaran oleh 8 anggota PJLP tersebut,” jelasnya.

Mengaku Salah

Atas hal ini, Dishub DKI Jakarta akhirnya memberhentikan kedelapan PJLP. Syafrin pun telah memberikan surat pemutusan hubungan kerja dan pencopotan tanda pangkat terhadap petugas yang melanggar aturan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan internal Dishub, 8 anggota PJLP ini sudah mengakui bahwa mereka yang berada di dalam area video viral tersebut,” kata Syafrin.

Kronologi Petugas Dishub Dipecat

Untuk diketahui, perilaku anggota Dishub DKI Jakarta itu viral di media sosial lantaran masih mengenakan seragam instansinya saat nongkrong. Perekam video menyebut momen itu terjadi pada pukul 21.00 WIB.

Dalam aturan PPKM Darurat, warung kopi dan tempat makan lainnya memang tak diperkenankan melayani makan di tempat atau dine in.

Selain itu, aturan mewajibkan tempat makan tutup pukul 20.00 WIB. (rul/*)