749 Napi di Depok dapat Remisi Lebaran

Karutan Depok, Dedy Cahyadi (tengah)
MARGONDA– Sebanyak 749 orang narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok, Jawa Barat, mendapat jatah remisi khusus Idul Fitri.
      Adapun rincian remisi khusus (RK) tersebut, yakni RK I sebanyak 748 orang, sedangkan RK II satu orang. Kepala Rutan Kelas I Depok, Dedy Cahyadi menjelaskan, RK I yakni, remisi yang di dapat mengurangi masa pidana yang di jalani, namun masih harus menjalani sisa pidana-nya.
       Kalau RK II, jumlah remisi yang di dapat melebihi sisa masa pidana yang dijalani, sehingga yang bersangkutan bebas pada hari pemberian remisi. Pemberian dilakukan usai salat Idul Fitri, kemarin.
        “Akan tetapi yang satu ini tidak langsung bebas karena akan menjalani pidana subsider selama 3 bulan,” katanya, Senin 25 Mei 2020.
        Adapun pemberian remisi ini di antaranya, karena dianggap telah berkelakuan baik dan sudah menjalani setengah masa tahanan. “Diharapkan dengan ini mereka menjadi pribadi yang lebih baik, agar bisa menjadi contoh rekan-rekannya yang lain,” ujarnya
        Adapun penghuni Rutan yang terdata pada Minggu, 24 Mei 2020, yakni, jumlah tahanan belum vonis, yakni 272 orang, jumlah narapidana sebanyak 1.430 orang. Dengan demikian totalnya 1.532 orang. (rul/*)