720 Napi Rutan Depok dapat Kado Remisi Hut RI

Karutan Depok, Dedy Cahyadi (tengah) bersama Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna (Istimewa)

CILODONG– Sebanyak 720 orang narapidana yang mendekam di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Depok, mendapat kado remisi atau pengurangan masa tahanan pada peringatan HUT RI ke-75, Senin 17 Agustus 2020. Dari ratusan orang tersebut, satu di antaranya diijinkan pulang.

Kepala Rutan Kela I Depok, Dedy Cahyadi menuturkan, adapun rinciannya adalah Remisi Umum (RU) I yakni 705 orang dan RU II yaitu 15 orang.

“Untuk yang RU II, ada 14 orang narapidana yang tidak langsung bebas karena akan menjalani pidana subsider, sedangkan satu orang narapidana mendapatkan program asimilasi di rumah,” katanya pada awak media

Dedy menjelaskan, 720 total narapidana yang mendapat remisi berlatar belakangan dari sejumlah kasus berbeda, di antaranya kasus pidana khusus 287 orang (narkoba di atas lima tahun), dan  pidana umum 433 orang.

Adapun rincian pidana umum yang dimaksud yakni, kasus narkotika 188 orang, pencurian 72 orang, perlindungan anak 70 orang, penipuan 33 orang, penggelapan 28 orang, penganiayaan 20 orang, perbankan 9 orang, pembunuhan 6 orang, perjudian 4 orang, dan pemalsuan surat 3 orang.

“Untuk pengurangan masa tahanan macem-macem. Yang jelas mereka yang mendapat remisi telah memenuhi berbagai persyaratan, seperti berkelkuan baik dan sudh vonis dan menjalani pidana lebih dari enam bulan. Serta bukan yang dihukum lebih dari lima tahun.”

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengaku mengapresiasi langkah yang dilakukan jajaran Rutan Kelas I Depok.

“Kami lihat sendiri yang dilakukan karutan dan jajaran disini, bisa dilihat kreativitas-kreativitas yang dihasilkan warga binaan (napi) dari seni musik, saya lihat luikisan yang begitu bagus, dan ini respect sebetulnya dari sisi usaha mandiri setelah mereka keluar nanti,” katanya saat menghadiri proses serah terima remisi tersebut di Rutan Depok

Pradi berharap, mereka yang mendapat remisi bisa mengambil hikmah dari kejadian yang dialami dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.

“Kami harap warga binaan yang mendapat remisi bisa kembali ke masyarakat tidak mengulang lagi kesalahan terkait persoalan hukum dan bisa mandiri kedepan,” ujarnya

Untuk diketahui, adapun jumlah warga binaan yang mendekam dibalik Rutan Kelas I Depok ada sebanyak 1.674 orang, dengan rincian 246 orang berstatus tahanan (belum vonis), dan 1.428 orang berstatus narapidana. (rul/*)