707 Napi Rutan Depok Dapat Remisi HUT RI, Begini Kriterianya

Sekda Kota Depok, Supian Suri menyerahkan berkas remisi pada sejumlah napi yang Rutan Depok. (DepokToday.com)
Sekda Kota Depok, Supian Suri menyerahkan berkas remisi pada sejumlah napi yang Rutan Depok. (DepokToday.com)

DepokToday- Sebanyak 707 orang narapidana alias napi, di Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kelas I Depok mendapat hadiah remisi (pengurangan masa hukuman), terkait momen perayaan Hut RI Ke 76, pada Selasa, 17 Agustus 2021.

Dari ratusan orang tersebut, dua di antaranya dinyatakan boleh pulang hari ini.

“Sesuai dengan usulan Rutan Depok bahwa kami sudah dapat keputusan dari Kemenkumham terkait remisi 707 orang. Dua di antaranya langsung bebas hari ini,” kata Plt. Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat.

Mereka yang mendapat remisi tersebut rata-rata adalah warga Depok. Melalui keterangan tertulis Irvan menjelaskan, remisi dibagi dua kategori, yakni remisi umum (RU) I dan RU II.

Plt. Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat (DepokToday.com)
Plt. Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat (DepokToday.com)

Napi Rutan Depok yang mendapat jatah RU I sebanyak 705 orang. Adapun rinciannya yakni, 91 orang dikurangi masa hukuman 1 bulan, 121 orang dikurangi 2 bulan, 161 orang dikurani 3 bulan, 250 orang dikurani 4 bulan, 80 orang dikurangi 5 bulan dan 2 orang dikurangi masa hukuman 6 bulan.

Kemudian untuk napi Rutan Depok yang mendapat hadiah RU II yakni berjumlah dua orang.

Baca Juga: Maknai Kemerdekaan RI, Prof Edie Toet: Ini Bukan Negara Gagal

Lantas apa beda RU I dan RU II. Menurut keterangan yang didapat DepokToday.com, RU I adalah remisi umum 17 Agustus yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana, akan tetapi pada saat masa pidananya dikurangkan perolehan. Dengan demikian, yang bersangkutan masih harus menjalani sisa pidana dan belum bisa bebas.

Sedangkan RU II adalah remisi umum yang apabila dikurangkan masa pidananya maka warga binaan itu akan bebas pada saat tanggal 17 Agustus 2021.

Syarat Napi Rutan Depok Berhak Memperoleh Remisi :

1.Berkelakuan baik dalam kurun waktu Remisi Berjalan;

2.Untuk tindak pidana umum harus telah menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan dihitung sejak tanggal penahanan

3.Untuk tindak pidana terkait PP 99 Tahun 2012 Pasal 34A tetap harus menjalani pidana minimal 6 (enam) bulan dengan melampirkan syarat-syarat sesuai ketentuan. (rul/*)