600 Polisi Bersihkan Sejumlah Masjid di Depok Jelang Idul Fitri

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar bersihkan masjid (Depoktoday.com)
Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar bersihkan masjid (Depoktoday.com)

MARGONDA- Jajaran Polres Metro Depok membersihkan sejumlah masjid jelang hari raya Idul Fitri. Total polisi yang dikerahkan untuk kegiatan itu sebanyak 600 personil.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi, Imran Edwin Siregar, sejumlah pasukan Tri Brata itu pun tampak antusias melakukan aksi sosial ini. Salah satu masjid yang dituju adalah Masjid Nurul Mujahidin, di wilayah Margonda.

“Total hari ini ada 21 masjid yang kita bersihkan, salah satunya disini (Masjid Nurul Mujahidin),” katanya, Minggu 9 Mei 2021.

Sejumlah sudut ruang dan atap masjid tak luput dari aksi bersih-bersih petugas. Imran berharap, dengan kegiatan membersihkan masjid jelang Idul Fitri ini masyarakat semakin nyaman beribadah.

Baca Juga: Tiga Masjid yang Ada di Hadist Nabi Bakal Dibangun di Bogor

Imran menambahkan, meski kegiatan shalat Ied tak dilarang, namun ia kembali mengimbau pada para pengurus masjid untuk tetap memperketat pelaksanaan protocol kesehatan.

“Harus, ini tadi kita sampaikan memang dilaksanakan kegiatan solat Ied, tapikan prokes semua harus diikuti jangan sampai ibadah itu jadi malapetaka jadinya,” kata Imran.

Adapun jumlah polisi yang dikerahkan untuk aksi bersih-bersih masjid sebanyak 600 personil. Kegiatan itu bakal dilakukan secara rutin, utamanya jelang hari raya Idul Fitri tahun ini.

“Setiap hari itu ada tematik, hari ini kita melaksanakan bersih-bersih masjid, besok Senin kita bagi-bagi takjil kemudian besoknya ada lagi.”

Tak hanya itu, polisi juga menyerahkan sejumlah alat kebersihan untuk inventaris masjid.

“Kami dari pengurus Masjid Mujahidin mengucapkan terimakasih kepedulian Bapak Kapolres dalam menjaga prokes di lingkungan masjid Nurul Mujahidin. Insya Allah kami akan laksanakan shalat Idul Fitri nanti,” kata Ketua DKM Masjid Nurul Mujahidin, Idris.

Aturan Shalat di Masjid

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan aturan protokol kesehatan secara ketat, utamanya soal jaga jarak dan penggunaan masker hingga cuci tangan dan membawa perlengkapan shalat masing-masing.

“Intinya kita ikuti apa yang telah diimbau Bapak Kapolres tadi.”

Idris menyebut, daya tampung masjid biasanya bisa mencapai 2000 orang. Namun karena masih situasi pandemi maka bakal disesuaikan mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Nanti nggak semua (jamaah) di dalam, sebagian di luar. Karena daya tampung sekitar 30-40 persen ya,” katanya. (rul/*)