6 Hal Ini Biasa Dilakukan Orang Indonesia Tapi Ilegal di Amerika

Mewarnai anak ayam biasa di Indonesia tapi dilarang di Amerika. Foto: Istimewa
Mewarnai anak ayam biasa di Indonesia tapi dilarang di Amerika. Foto: Istimewa

DEPOK- Setiap negara tentu punya aturan hukumnya masing-masing. Bahkan, terkadang, hal yang dianggap biasa di negara kita dianggap sebagai tindakan yang melanggar hukum di negara lain.

Nah hal itulah yang wajib kita pelajarai sebelum berkunjung ke negara luar.

Sebagai contoh, ada loh beberapa hal yang biasa dilakukan orang Indonesia namun ternyata di Amerika itu justru dianggap menyalahi aturan. Beberapa di antaranya bahkan dapat dijerat ke ranah hukum.

Apa saja itu, yuk simak ulasan DepokToday dari sejumlah data yang berhasil dihimpun berikut ini:

Menampung Air Hujan

Bagi orang Amerika Serikat, air hujan harus dibirakan jatuh dan meresap ke tanah, atau mengalir ke sungai. Mengelola air hujan sudah jadi tugas pemerintah. Jadi kalau ada yang menampung air hujan, dianggap mengambil hak pemerintah dan bisa berurusan dengan polisi.

Menjual Unggas Berwarna

Hal ini lumrah di Indonesia, biasanya anak ayam atau anak bebek dicat dengan aneka warna untuk dijual di pasar atau sekolah dasar. Anak ayam ini dijual dengan harga murah untuk dipelihara kembali.

Namun, aktifitas itu illegal loh di Amerika Serikat. Bahkan pelakunya bisa di denda 100-500 USD.

Mengumpat

Wah, kalau hal yang satu ini menjadi hal yang lumrah nih. Apalagi dijalanan, sudah jadi hal biasa jika kita marah marah lalu mengumpat para pengendara lain.

Eits, tapi di Amerika Serikat tepatnya di Rockville Maryland, mengumpat bisa bikin kamu berurusan dengan hukum loh.

Membeli Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang lezat jika ditumis apalagi diberi irisan cabai dan kerap menjadi hidangan favorit warga Indonesia. Tapi hal ini jutsru ilegal dilakukan di Amerika Serikat.

Dikutip dari website Badan Konservasi Sumber Daya Alam AS, kangkung termasuk kategori sayuran yang beracun sejak Desember 2010.

Sebab kangkung mengandung cacing dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Perbedaan Aturan Indonesia Amerika

Nongkrong di Pinggir Jalan

Dikutip dari Hipwee, nongkrong di atas kendaraan yang diparkir di pinggir jalan jadi hal yang terlarang di Amerika Serikat. Jika dilakukan antara jam 00.00 hingga 06.00.

Mencantumkan Syarat Diskriminatif Pada Lowongan Kerja

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, mungkin sudah biasa membaca iklan lowongan pekerjaan yang mencantumkan seumlah syarat, seperti bepenampilan menarik, tinggi badan minimal 160 cm, usia maksimal 25 tahun.

Kemudian belum menikah dan sebagainya.

Di Amerika Serikat, sederet persyaratan di atas dianggap diskriminatif karena menilai orang hanya dari tampilan luar saja.

Baca Juga: Pengamat Politik Ungkap Kekuatan Besar Habib Rizieq di Pilpres 2024

Nah itulah beberapa kebiasaan atau hal yang dianggap lumrah di Indonesia namun ternyata ilegal di Amerika. (rul/*)