555 Narapidana Rutan Depok Dapat Hadiah Remisi Idul Fitri

Kepala Rutan Kelas I Depok, Anton, memberikan hadiah remisi pada salah seorang narapidana saat perayaan Idul Fitri, Kamis 13 Mei 2021. (Depoktoday.com)
Kepala Rutan Kelas I Depok, Anton, memberikan hadiah remisi pada salah seorang narapidana saat perayaan Idul Fitri, Kamis 13 Mei 2021. (Depoktoday.com)

CILODONG- Sebanyak 555 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kelas I Depok mendapat hadiah remisi (pengurangan masa tahanan) saat Idul Fitri, Kamis 13 Mei 2021. Dari angka tersebut, 12 orang di antaranya dinyatakan bebas bersyarat.

Kepala Rutan Kelas I Depok, Anton mengungkapkan, dari data tersebut, 543 narapidana mendapat remisi khusus (RK) I, sedangkan 12 orang lainnya mendapat RK II.

“Dari angka itu (12 narapidana yang mendapat RK II), 10 orang sedang menjalani asimilasi di rumah, sedangkan dua lainnya menjalani pidana subsider. Total yang mendapat remisi pada lebaran tahun ini 555 orang warga binaan beragama Islam,” katanya.

Anton mengungkapkan, 555 orang narapidana Rutan Depok yang mendapat remisi pada Idul Fitri tahun ini berlatar belakang sejumlah kasus berbeda.

Syarat Remisi

Anton menjelaskan, mereka yang mendapat remisi telah melalui sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku pada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Adapun kriterianya adalah, telah divonis bersalah dan tidak dalam tahap banding atau telah berstatus narapidana dengan proses hukun yang telah inkrah.

Kemudian, telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan dan berkelakuan baik.

“Diharapan ketika keluar dari sini (Rutan) mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tidak mengulangi perbuatannya lagi.”

Adapun jumlah narapidana atau tahanan yang ada di Rutan Kelas I Depok totalnya sampai dengan saat ini mencapai, 1.531 orang. (rul/*)

Baca Juga: Begini Cara Rutan Depok Lindungi Napi dari COVID