54 Tahun Berkiprah di Dunia Pendidikan, Ini Bakti UP untuk Negeri

Rektor UP Prof. Wahono Sumaryono (Istimewa)

JAKARTA- Pada 28 Oktober 2020 lalu, Universitas Pancasila (UP) genap mencapai usia 54 tahun. Perjalanan panjang telah dilalui kampus tersebut. Melalui kiprahnya melaksanakan tridharma perguruan tinggi di tengah arus perubahan yang dinamis, UP tetap mampu berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan berpegang teguh pada nilai-nilai luhur pancasila.

Sejak didirikan pada 28 Oktober 1966, sampai saat ini UP telah meluluskan 60.608  sumberdaya manusia terdidik, terdiri dari ahli madya, profesi, dan sarjana berbagai strata (S1, S2, S3) dari berbagai program studi.

Mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 yang belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, wisuda semester genap Tahun Akademik 2019/2020 dilaksanakan secara daring (on-line) pada Sabtu 28 November 2020.

Baca Juga: Gandeng Universitas di Korsel, UP: Jangan Jago Kandang

Prosesi sakral itu bertajuk Strategi Adaptif-Produktif-Inovatif- dan Kontributif (APIK) Sebagai Modal Merespon Dinamika Perkembangan Teknologi dan Tantangan Resesi Ekonomi. Tercatat jumlah yang di wisuda sebanyak 1.573 orang.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban, pada sambutannya Rektor UP Prof. Wahono Sumaryono, menyampaikan pada bidang akademik UP akan menerapkan program merdeka belajar-kampus merdeka mulai tahun akademik Februari 2021.

“Kemudian Prodi S3 Farmasi telah meluluskan 3 Doktor dengan IPK rata-rata 4.0 sehingga direncanakan pada Desember yang akan datang akan mengajukan reakreditasi kembali,” katanya

Pada Juni 2020, Rektor UP telah menandatangani MoU dengan Presiden Direktur PT.Lion Air Group sebagai payung kerjasama antara Fakultas Teknik Unveirsitas Pancasila dengan PT. Lion Air dalam kerjasama pengembangan SDM di bidang hospitality management, quality assurance, supply chain management, dan teknik perawatan pesawat.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis menandatangani perjanjian kerjasama dengan Perum Perikanan Indonesia pada Oktober lalu tentang peluang magang mahasiswa UP, pelatihan dan pendidikan lanjut karyawan D3 Perum Perikanan Indonesia ke jenjang S1, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan dengan PT.Telkom pada 20 November 2020 tentang pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan telekomunikasi dalam rangka digitalisasi ekonomi UMKM.

Fakultas Hukum UP mengadakan penandatanganan MoA (lanjutan MoU) dengan Youngsan University Korea Selatan, untuk program joint degree S1 ilmu hukum.

“Lalu, rencana pembukaan lima Prodi baru dalam waktu dekat, yakni Prodi Doktor Teknik Mesin, Prodi Magister Rekayasa Infrastruktur dan Kawasan, Prodi Profesi Arsitektur, Prodi S1 Teknik Perkeretaapian (dari Fakultas Teknik), Prodi Vokasi D4 MICE-Fakultas Pariwisata,” jelas Wahono

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (UP) Dr. (HC) Siswono Yudo Husodo (Istimewa)

Selain itu perkembangan non-akademik dalam bidang kerohanian; setelah Masjid At-Taqwa UP selesai dibangun pada tahun 2018, maka dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalamKehidupan Kampus, akan dibangun 4 (empat) rumah ibadah lainnya yakni Gereja Katholik, Gereja Protestan, Vihara dan Pura.

Dalam acara wisuda ini disampaikan orasi ilmiah oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Nizam. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here