5 Manfaat Daun Kemangi untuk Tubuh, Salah Satunya Cegah Penyakit Jantung

Daun kemangi. (Foto Istimewa)
Daun kemangi. (Foto Istimewa)

DepokToday – Daun kemangi merupakan sayuran yang populer dimakan secara mentah atau menjadi lalapan. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung. Namun, daun ini juga bisa diminum dengan teh dan suplemen yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Melansir dari Kompas.com, kandungan nutrisi dalam kemangi segar yang punya nama ilmiah Ocimum basilicum adalah kalori, vitamin A, vitamin K, kalsium, zat besi, dan mangan.

Daun ini juga memiliki senyawa tanaman bermanfaat yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan lain-lain. Khasiat kemangi Kebanyakan khasiat daun kemangi berasal dari antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin.

Berikut ini 5 manfaat daun kemangi yang bisa dirasakan ketika dikonsumsi secara rutin:

1.Mengurangi stres oksidatif

Kemangi kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam kemangi, seperti eugenol dan limonene, bersama dengan antioksidan lainnya mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2.Mengurangi kadar gula darah

Kadar gula yang tinggi erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Menambahkan daun ini ke dalam makanan dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi.

Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan diabetes, ekstrak kemangi dapat membantu menurunkan gula darah. Daun kemangi juga mampu membantu mengobati efek jangka panjang dari kadar gula darah yang tinggi.

Baca Juga: Jangan Takut Sakit, Dokter Zaidul Bocorkan Manfaat Mandi Hujan

3.Mencegah penyakit jantung

Eugenol dalam daun ini dapat memblokir saluran kalsium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Minyak esensial juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Ada pula kandungan magnesium dalam daun kemangi yang membantu meningkatkan aliran darah dengan membuat otot dan pembuluh darah menjadi rileks.

4.Mengurangi peradangan

Minyak atsiri dalam kemangi, termasuk eugenol, linalool, dan citronellol, dapat membantu tubuh melawan peradangan.

Sifat anti-inflamasi ini dapat membantu menurunkan risiko kondisi peradangan, seperti radang sendi, penyakit jantung, dan masalah usus.

5.Melindungi dari infeksi

Kemangi memiliki sifat antibakteri. Sifat ini mampu membantu melawan bakteri pada orang dengan infeksi pernapasan, saluran kemih, dan infeksi kulit. (lala/*)