5 Cara Jitu Usir Lalat dari Rumah, Dijamin Ampuh!

Cara usir lalat dari rumah (Foto: Istimewa)
Cara usir lalat dari rumah (Foto: Istimewa)

DepokToday- Kehadiran lalat di dalam rumah, kantor ataupun tempat berkumpul tentu akan membuat Anda kesal. Selain karena mengganggu, lalat juga menjijikan lantaran bisa menyebar berbagai bakteri yang menyebabkan sakit.

Disitat DepokToday.com dari kompas, lalat yang biasa terbang di rumah adalah jenis musca domestica. Meskipun ada ribuan spesies lalat, musca domestica adalah varietas yang paling mungkin mengganggu, baik di dalam maupun di luar rumah.

Serangga ini dapat ditemukan di setiap benua yang dihuni manusia, baik iklim ingin di kutub hingga panas tropis.

Baca Juga: Minyak Goreng Bisa Bikin Tikus Kapok Datang ke Rumah, Nih Caranya

Penelitian menunjukan, ada berbagai jenis kuman yang bisa disebar lalat, seperti, bakteri penyebab antraks, tifus, tukak lambung, kolera, disentri, dan tuberkulosis, serta penyakit yang tidak terlalu serius, yang mereka simpan di mana pun mereka hinggap, termasuk saat hinggap di atas makanan.

Baca Juga: Masuk Tahap Ini, PUPR Pastikan Musim Hujan Tak Ganggu Targetan Perbaikan Jembatan di GDC

Khawatir tentang lalat juga berarti mengkhawatirkan belatung, yang merupakan larva dari lalat. Seekor lalat betina umumnya bertelur lebih dari 100 butir telur setelah kawin, dan telurnya menetas dengan sangat cepat.

Belatung bertelur dalam waktu kurang dari delapan jam jika cuaca cukup hangat. Sebenarnya, lalat bisa dibasmi dengan racun serangga yang banyak dijual di pasaran. Namun, hal ini tentu akan berbahaya, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan.

Tips Jitu Bikin Lalat Minggat dari Rumah

Ada sejumlah cara untuk mengatasi persoalan ini. Beberapa tips mengusir dan membasmi lalat di rumah ini tak perlu menggunakan racun serangga berbahaya, seperti dilansir dari Bobvilla.

1.Pasang kipas angin Serangga yang tidak diundang ini tidak dapat terbang dengan baik dalam angin kencang, jadi siapkan kipas berosilasi pada kabel ekstensi di dekat pemanggang halaman belakang, meja piknik, atau area lain tempat kamu sering berkumpul di luar ruangan.

Saat lalat merasakan hembusan, mereka akan menuju ke arah yang berlawanan. 2.Buat penangkap lalat Larutkan seperempat cangkir gula dalam satu cangkir air di dalam toples. Gulung selembar kertas kaku menjadi kerucut yang cukup panjang untuk mencapai dari atas toples hingga tepat di atas level cairan, dan potong ujungnya.

Baca Juga: Bolak-balik Mencuri, Pria Ini Apes Endingnya Ketemu Tim Jaguar

Rekatkan kerucut di dalam toples dengan ujung lebar mengisi mulut toples dan ujung kerucut tepat di atas air gula. Kerucut kertas ini akan membawa lalat yang penasaran langsung ke dalam stoples, sehingga mudah dikeluarkan.

Lalat Benci Minuman Keras

3.Nyalakan lilin Serai atau minyak yang sangat aromatik dari beberapa varietas serai, dapat mengusir lalat dan nyamuk. Nyalakan beberapa lilin wangi ini dan letakkan di atas meja piknik, teras, atau area di mana kamu akan meletakkan makanan, aroma yang kuat berfungsi untuk menolak lalat mendekat.

4.Minuman keras. Lalat membenci bau minuman keras, jadi isilah beberapa kantong plastik kecil sandwich di tengah jalan dengan barang-barang murah.

Tutup kantung-kantung tersebut hingga tertutup rapat, lalu gunakan benang atau tali dan beberapa penjepit pakaian tebal untuk menggantung tas di sekitar halaman Anda. Kedengarannya gila, tapi itu benar-benar bisa membantu mengusir lalat dari rumah.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 29 September 2021: KKB Semakin Buat Repot, Patung Soeharto dan Pahlawan Revolusi Hilang

5.Minyak esensial. Daripada membeli strip lalat beraroma untuk mencegah hama, kamu bisa membuatnya sendiri dengan minyak esensial yang tidak disukai lalat.

Cukup potong selembar kain menjadi strip sepanjang 30 dan lebar 3 cm. Basahi setiap potongan kain dengan beberapa tetes dengan minyak esensial cengkeh, lavender, serai, serai, kayu putih, rosemary, atau mint. Ikat strip di cabang dan pagar di sekitar teras, dan biarkan aroma minyak mengusir lalat di luar. (rul/*)