5 Cara Ampuh Mengusir Setan, Dijamin Kapok Nggak Balik Lagi

Ilustrasi menguir setan (Foto: Istimewa)
Ilustrasi menguir setan (Foto: Istimewa)

DepokToday- Sebagai makhluk beriman, tentu kita percaya dengan adanya hal-hal gaib, termasuk tentang keberadaan setan atau jin. Lantas bagaimana cara mengusir sosok astral itu. Menurut Ustadz Khalid Basalamah, ada lima cara yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya.

Dalam sebuah kajian yang ditayangkan salah satu channel YouTube, pendakwah bergelar doktor ini mengungkapkan, ada sejumlah surat dalam Al Quran yang membuat setan atau jin takut.

“Ada, bukan tidak ada, dan itu dikenal dengan ayat-ayat rukiyah. Di antaranya ada surat Al Baqarah, surat Imran, surat Ar Rahman, surat Jin, surat Al Waqiah, ayat Kursi, Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas, semua itu boleh,” katanya dikutip DepokToday.com pada Sabtu 30 Oktober 2021.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Majikan Tuyul, Pelaku Pesugihan di Era Digital

“Tapi kalau mau lebih ringkas, kalau jin nya sudah masuk atau kena sihir ada beberapa kiat yang bisa dilakukan,” sambungnya lagi.

5 Cara Jitu Mengusir Setan

Ustad Khalid mengatakan, ada lima cara ampuh untuk mengusir setan. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

Memperbaiki Ibadah

Memperbaiki ibadah dan keyakinan adalah syarat penting. Kemudian tidak berbuat syirik, serta betul-betul menjalankan perintah Allah, yang halal dilakukan yang haram ditinggalkan, maka Insya Allah setan akan lari dari tubuh kita.

Baca Juga: Tenaga Dalam Bagian dari Sihir, Ustadz Khalid: Nggak Jantan

Diriwayatkan dari Muhammad bin Sa’ad bin Abi Waqqash ayahnya Rasulullah bersabda: Sesungguhnya setan tidak akan menemuimu (Umar) sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak kau lalui.

Baca Ayat Kursi

Memperbanyak baca ayat Kursi. Ustadz Khalid menjelaskan, pernah ada suatu kejadian ketika sahabat Nabi Muhammad didatangi pencuri selama tiga malam. Pada malam pertama oleh sang sahabat Rasulullah dilepaskan. Dia (pencuri) bilang miskin, maka dilepasin, namun kata Nabi dia bohong.

Baca Juga: Handiyana Desak Polisi Ringkus Dalang Penyekapan di Hotel Margo

Malam kedua, dia ketangkap lagi oleh si sahabat dan bilang dia (pencuri) sudah minta maaf, maka dilepaskan lagi. Namun Nabi kembali mengingatkan bahwa perkataan si pencuri tadi adalah dusta dan dia pasti akan datang lagi.

“Dan benar, malam ketiga datang lagi, tapi dilepasin lagi karena dia bilang jika kamu lepaskan aku maka saya akan mengajarkan ayat Al Quran. Kalau kamu baca ayat Kursi setan tidak akan mendekati. Maka dilepaskanlah oleh sahabat Nabi tadi,” ujarnya.

Baca Juga: Jangan Takut Sakit, Dokter Zaidul Bocorkan Manfaat Mandi Hujan

“Kemudian kata Nabi, ketahuilah yang datang tiga malam ke kamu adalah setan dan dia sering membohongi manusia tapi apa yang dia katakan tentang ayat Kursi adalah benar,” jelas Ustadz Khalid.

Selain itu bisa juga membaca Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas.

Bikin Setan dan Jin Kapok

Membaca Salam

Cara berikutnya untuk mengusir setan atau jin dan ini termasuk hal yang kecil adalah, ketika masuk dalam rumah lebih dulu mengucapkan salam.

Kata Nabi siapapun yang masuk ke rumahnya lalu mengucapkan sallam Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, secara lengkap maka setan di sekitar rumahnya berkata, tidak ada tempat untuk menginap di tempat ini.

“Makanya setan sering membuat kita malas mengucapkan sallam. Karena hadist mengatakan, setan tidak bisa menembus pintu yang telah ditutup pemiliknya, dan setan tidak bisa membalik piring yang ditutup pemiliknya makanya itu yang di film-film nggak benar,” katanya.

Baca Juga: Begini Jawaban Menohok Ketua Kadin Depok Soal Tuduhan Balaguna

“Dia itu (setan) cuma bisa ikut kalau kita makan, tapi kalau kita baca Bismillah dia akan bilang ke teman-temannya tidak ada makanan untuk kita. Ucapannya harus bersuara ya,” tuturnya.

Memperbanyak Baca Istiadzah

Jangan pernah berhenti membaca Istiadzah. Yakni: Audzubillah Himinas Syaiton Nirojim. Dan tidak cukup sekali, harus sebanyak-sebanyaknya. “Pokoknya kalau kita ibadah terganggu baca Istiadzah.”

Jauhi Tempat Maksiat

Dan cara yang terakhir, kata Ustadz Khalid, adalah menjauhi tempat-tempat yang berpotensi membuat kita tergoda setan. (rul/*)