5 Bahan Alami Pereda Nyeri Saat Sakit Gigi, Semua Ada di Dapur Loh

Ilustrasi obat sakit gigi (Istimewa)
Ilustrasi obat sakit gigi (Istimewa)

DepokToday – Sakit gigi tentunya tidak ingin dirasakan setiap orang. Namun, jika hal itu menyerang, jangan sampai buru-buru untuk mengonsumsi obat pereda nyeri. Coba sejumlah cara ini agar tidak perlu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit itu.

Sakit ini bisa disebabkan banyak hal, bisa karena berlubang, gigi sensitif, atau mungkin tumbuh gigi bungsu dan penyebab lainnya. Kamu harus periksa ke dokter gigi untuk mengetahui penyebabnya.

Namun perlu diketahui, dokter juga akan memberikan pereda nyeri ketika gigi kamu terasa sakit dan disarankan datang lagi setelah rasa nyerinya sudah mereda. Melansir dari Hops.id, jaringan DepokToday.com, ketika gigi merasakan nyeri, dokter gigi tidak bisa melakukan tindakan lain saat gigi masih terasa nyeri.

Maka dari itu, rangkuman Hops mengenai 5 cara menghilangkan rasa sakit yang dilansir dari boldsky bisa jadi cara agar segera dilakukan tindakan oleh dokter gigi. Simak selengkapnya:

1.Gunakan es batu

Kompres bagian gigi yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

2.Minyak cengkeh

Minyak cengkeh sudah lama menjadi obat tradisional untuk gigi sakit yang sudah banyak digunakan dari dulu.

Di mana kandungan eugenol yang terdapat di dalam minyak cengkeh memiliki fungsi sebagai anetesi alami yang akan menghilangkan sakit gigi.

Baca Juga: Warga Depok Tipu-tipu Rp 2 Miliar, Modusnya Jadi Jaksa Gadungan

3.Bawang merah

Cara menghilangkan penyakit di gigi berikutnya yakni bawang merah. Kandungan anti-mikrobial dan anti-septiknya mampu mengendalikan rasa nyeri di gusi atau gigi akibat gigi berlubang.

Kamu bisa menggunakan bawang merah sebagai obat gigi dengan cara mengunyahnya di mulut. Atau bisa juga dengan menghaluskan bawang merah kemudian tempelkan ke bagian yang sakit.

4.Bawang putih

Dipercaya memiliki kandungan anti-septik alami ini juga dapat menjadi obat gigi yang ampuh.

Di mana bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri. Caranya, kamu bisa mengunyah bawang putih ataupun menempelkannya di bagian yang sakit.

5.Jahe

Jahe yang dikenal sebagai obat tanaman keluarga ini ternyata juga efektif untuk menghentikan nyeri pada gigi.

Di mana kandungan antibiotiknya mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Caranya, kamu bisa menumpuk 1 siung jahe kemudian tempelkan ke bagian yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang. (lala/*)