4 Partai Politik ini Bikin Poros Tengah, Namanya Koalisi Tertata

Empat petinggi partai politik yang tergabung dalam Koalisi Tertata menunjukkan Memorandum of Understanding (MoU).(DepokToday/Dbr)

MARGONDA-Tujuh hari paska Partai Gerindra dan PDI Perjuangan menyatakan berkoalisi pada Jumat (24/1/2020). Empat partai politik (parpol) lainnya juga ikut membentuk koalisi untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Depok 2020, hari Sabtu (1/2/2020).

Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kesatuan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Demokrat adalah empat parpol yang membuat poros tengah dengan nama Koalisi Tertata.

“Sepakat untuk membuat keputusan bersama dalam menentukan calon kepala daerah pada Pilkada Depok tahun 2020. Koalisi ini dibentuk bertujuan untuk menciptakan Kota Depok yang tertata. Tertib, taat, dan takwa serta unggul yang sesungguhnya,” ucap ketua DPC PPP Kota Depok, Qonita Lutfiya, dalam pembacaan deklarasi di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda, Kecamatan Beji.

Qonita mengungkapkan, kesepakatan ini merupakan keputusan bersama yang bersifat mengikat dan berkekuatan hukum tetap.

Sementara Sekretaris DPC PKB, Iwan Setiawan, berharap, gabungan empat parpol dengan total jumlah 12 kursi ini menjadi kekuatan yang keluar dari mainstream, yang hanya bicara satu persatu orang yang akan memimpin Kota Depok.

“Keberadaan kami (PKB) di tengah partai-partai lain juga atas perintah dan juga atas laporan kami kepada DPP partai. Bagi kami, partai PKB akan istiqomah disini (Koalisi Tertata) selagi kita membangun demi kepentingan Kota Depok yang lebih baik dan tertata,” tandas Iwan dalam sambutannya.

Sementara Ketua DPC Demokrat Depok, Edi Sitorus, menyatakan, Koalisi Tertata belum memunculkan nama untuk diusung sebagai calon wali kota dan wakilnya.

“Kita belum usulkan itu, nama calon wali kota dan wakil wali kota, kita akan telaah dulu,” ujarnya.(rdt/*)