4 Manfaat Mengonsumsi Kulit Ikan, Salah Satunya untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit glowing (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kulit glowing (Foto: Istimewa)

DepokToday – Banyak makanan yang mampu meningkatkan kesehatan, salah satunya ialah ikan. Tidak hanya dagingnya saja yang kaya akan nutrisi dan protein. Namun, kulit ikan juga menyimpan banyak manfaat.

Kulit hewan ini juga mampu menjadi kudapan yang lezat, seperti keripik dan lainnya. Berikut ini manfaat mengkonsumsi kulit ikan seperti dilansir dari Kompas.com.

1.Sumber protein yang baik

Ikan, termasuk kulitnya merupakan sumber protein makanan yang baik. Protein yang ada dapat mengurangi risiko gangguan pertumbuhan terhambat, kadar zat besi yang rendah, dan pembengkakan dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kulit hewat ini yang mengandung beberapa protein seperti histone dan transferrin juga dapat membantu menjaga kekebalan dalam tubuh.

2.Tinggi akan omega-3

Mengkonsumsi asam lemak omega-3 di kulit hewan ini dapat bermanfaat pada kesehatan yang optimal. Manfaat yang diberikan seperti kesehatan jantung, kehamilan yang sehat, dan penurunan risiko penyakit otak.

Baca Juga: Memar Tiba-tiba, 8 Hal Ini Penyebabnya, Bahkan Jadi Tanda Penyakit Serius

3.Berguna untuk kesehatan kulit

Mengonsumsi kulit hewan ini juga dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kulit ikan merupakan sumber kolagen dan vitamin E yang baik dan bermanfaat pada kesehatan kulit.

Kolagen adalah jenis protein yang terdapat di semua bagian dan jenis ikan. Sementara itu, vitamin E mendukung kesehatan kulit untuk melindungi terhadap efek berbahaya dari matahari dan memperbaiki gejala kondisi kulit tertentu seperti eksim.

4.Meningkatkan asupan nutrisi

Mengonsumsi kulit bersama dengan daging ikan dapat memberikan asupan nutrisi yang maksimal. Ketika mengonsumsi ikan dengan menghilangkan bagian kulitnya, maka akan kehilangan banyak nutrisi dan minyak yang bermanfaat bagi kulit. (lala/*)