3 Orang Ini Jadi Tersangka Kasus Kebakaran Lapas Tangerang

Korban tewas akibat insiden kebakaran di Lapas Tangerang. Persitiwa ini menambah daftar kelam catatan dari dalam penjara Indonesia (Foto: Istimewa)
Korban tewas akibat insiden kebakaran di Lapas Tangerang. Persitiwa ini menambah daftar kelam catatan dari dalam penjara Indonesia (Foto: Istimewa)

DepokToday- Polisi akhirnya menetapkan tiga orang sebagai tersangka atas kasus kebakaran yang menewaskan lebih dari 40 narapidana di Lapas Kelas Tangerang.

Mereka adalah pegawai Lapas Tangerang yang saat itu bertugas pada malam kejadian, beberapa waktu lalu.

“Tiga tersangka kita tetapkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dikutip pada Senin 20 September 2021.

Adapun inisial ketiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka yakni, RU, S dan Y. Mereka adalah para pegawai lapas yang sedang bertugas saat malam kejadian.

Yusri mengungkapkan, ketiganya ditetapkan sebagai tersangka usai gelar perkara dan alat bukti berikut pemeriksaan saksi-saksi.

“Ada 53 saksi kita periksa termasuk saksi pelapor kemudian beberapa alat bukti dikumpulkan, keterangan saksi sudah lengkap,” katanya.

Baca Juga: Revitalisasi TPA Cipayung Terancam Tertunda Tahun Ini, Sebabnya?

Untuk diketahui, polisi sebelumnya telah menyatakan ada dugaan tindak pidana di balik tragedi kebakaran Lapas Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu.

Bahkan, penyidik juga sempat memeriksa Kepala Lapas Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartono. Tak lama kemudian, Victor dinonaktifkan dari jabatannya sebagai kepala lapas untuk kepentingan penyidikan yang dilakukan Polda Metro Jaya.

Jeratan Pidana Kebakaran Lapas Tangerang

Atas kejadian itu, para tersangka terancam Pasal 187 KUHP tentang orang yang dengan sengaja menimbulkan kebakaran, ledakan atau banjir bisa dipenjara maksimal 20 tahun, jika sampai mengakibatkan kematian orang lain.

Kemudian, orang yang lalai atau alpa hingga menyebabkan kebakaran bisa dipidana penjara maksimal lima tahun jika berujung pada kematian orang lain. (rul/*)