26 Klub Tampil di Liga Champions UEFA, Adakah Tim Favorit Kamu?

Liga Champions UEFA.(Foto: Istimewa)
Liga Champions UEFA.(Foto: Istimewa)

DEPOK—Liga Champions UEFA musim kompetisi 2021/2022 segera hadir, dengan 26 dari 32 tim telah lolos otomatis ke turnamen kasta tertinggi antar klub Eropa itu.

Sejauh ini, 26 tim dipastikan mendapat tempat di musim berikutnya berkat penempatan liga domestik mereka, termasuk Villarreal sebagai pemenang Liga Eropa UEFA. Enam tempat lagi akan ditentukan oleh kualifikasi di musim panas.

Tampilnya Villarreal di Liga Champions  membuat wakil Spanyol bertambah jadi lima tim. Villarreal akan mewakili Spanyol di kompetisi ini bersama Atletico Madrid, Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Inggris diwakili empat tim, yaitu Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea. DIBACA JUGA: Kai Havertz Antarkan Chelsea Juara Liga Champions 2021

Jerman juga empat tim, yang diwakili Bayern Munich, RB Leipzig, Borussia Dortmund, Wolfsburg.

Pun dengan Italia. Negara yang baru saja menjuarai Piala Eropa 2020 itu diwakilkan oleh Inter Milan, AC Milan, Atalanta, dan Juventus.

Prancis dua tim: LOSC Lille, dan Paris Saint-Germain (PSG), Portugal akan diwakilkan Sporting CP, dan Porto. Rusia diambilalih Zenit Saint Petersburg. Belgia mengutus Club Brugge. Ukraina ada Dinamo Kyiv. Belanda dimainkan oleh Ajax Amsterdam. Turki diwakili Besiktas.

26 dari 32 tim yang telah memastikan diri berlaga di Liga Champions UEFA musim 2021/2022.(Foto: UEFA)
26 dari 32 tim yang telah memastikan diri berlaga di Liga Champions UEFA musim 2021/2022.(Foto: UEFA)

Bagaimana Jika Pemenang Liga Champions/Liga Eropa Lolos Melalui Liga Domestik?

Sejak juara Liga Champions UEFA 2021, Chelsea telah lolos melalui liga domestik mereka. Besiktas memasuki babak penyisihan grup sebagai juara asosiasi nasional peringkat ke-11 (Turki).

Jika runner-up Liga Premier Manchester United memenangkan final Liga Eropa UEFA, Monaco akan memasuki babak penyisihan grup sebagai tim peringkat ketiga dari asosiasi peringkat kelima (Prancis); sebaliknya, bagaimanapun, kemenangan untuk Villarreal berarti Spanyol akan memiliki lima perwakilan.

Untuk pengundian penyisihan grup, tim dibagi menjadi empat pot. Pot 1 berisi pemegang Liga Champions UEFA, pemegang Liga Eropa UEFA dan juara dari asosiasi enam peringkat teratas (Spanyol, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Portugal). Tim yang tersisa diunggulkan berdasarkan koefisien klub UEFA mereka.

Pot 1:

98.000 Chelsea (Inggris), pemegang Liga Champions UEFA.

134.000 Bayern Munich (Jerman).

125.000 Manchester City (Inggris).

115.000 Atletico Madrid (Spanyol).

63.000 Villarreal (Spanyol), pemegang Liga Eropa UEFA.

53.000 Inter Milan (Italia).

45.500 Sporting CP (Portugal).

14.000 LOSC Lille (Prancis).

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan semua tunduk pada konfirmasi akhir dari UEFA.

(Sumber: uefa.com)