200 KK di Sukmajaya Ngungsi Akibat Banjir

Perumahan Graha Studio Alam (DepokToday, Rul)

DEPOK– Sebagian wilayah hingga kini masih terendam banjir, Kamis 2 Januari 2020. Di Kota Depok, Jawa Barat, sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) bahkan terpaksa mengungsi akibat musibah itu.

Berdasarkan data yang dihimpun, beberapa wilayah di Kota Depok yang hingga kini masih terendam banjir diantaranya, di Perumahan Graha Studio Alam, kemudian di kawasan Cilodong dan di Pasir Putih. Namun demikian, ketinggian air sudah turun.

Khusus di Perumahan Graha Studio Alam, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, banjir sempat merendam sekira 300 rumah dengan ketinggian saat itu mencapai sekira satu meter pada Rabu, 1 Januari 2020. Akibatnya sebanyak 75 persen warga sekitar terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

“Yang ngungsi banyak, hampir semua yang kebanjiran disini ngungsi. Kurang lebih ada 200 KK yang ngungsi karena rumahnya terendam. Ngungsinya ke rumah keluarga terdekat,” kata Yuli, istri Ketua RT setempat.

Yuli mengungkapkan, banjir diduga terjadi bukan hanya karena hujan deras yang cukup lama, namun karena tidak adanya tanggul atau tembok penghalang antara aliran kali dengan pemukiman warga sekitar.

“Disini tadinya memang langganan banjir, tapi sejak dibantu pompa oleh Pemkot Depok banjir jadi sudah mulai jarang. Tapi sejak tembok tanggul dibongkar menjadi pagar buat taman Cilodong, air kali jadi ngelos,” bebernya

Terkait hal itu, Yuli dan warga lainnya pun berharap, pemerintah dapat menanggulangi persoalan ini dengan membuatkan tanggul yang lebih tinggi agar air tidak kembali menggenangi pemukiman tersebut.

“Kami berharap dibuatkan tanggul yang lebih tinggi ya, karena kan disini air kali lebih tinggi dari pemukiman,” ujarnya

Lebih lanjut Yuli mengatakan, saat ini banjir sudah mulai surut dan sebagian warga telah kembali untuk membersihkan sisa-sisa lumpur endapan banjir. “Beberapa warga sudah pada pulang, tapi rata-rata yang balik suaminya karean bersih-bersih rumah. Kalau anak istri kebanyakan masih ngungsi ke rumah saudara atau keluarga.” (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here