Ada Lima Tahapan, Wali Kota Pastikan Seleksi Sekda Sesuai Aturan

Wali Kota Depok Mohammad Idris saat melantik Sekda Depok Supian Suri (Istimewa)
Wali Kota Depok Mohammad Idris saat melantik Sekda Depok Supian Suri (Istimewa)

DEPOK – Wali Kota Depok Mohammad Idris memastikan, pelaksanaan seleksi  Sekretaris Daerah atau Sekda Kota Depok berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Menurut dia, ada lima tahapan yang harus dilalui Sekda terpilih, yaitu Supian Suri untuk bisa menampuk jabatan tersebut.

“Proses berjalan sejak permohonan atau izin ke kementerian untuk membuka panitia seleksi. Juga lewat gubernur, sampai izin melakukan proses seleksi sebanyak lima tahapan,” kata dia dikutip situs Pemkot Depok pada Jumat 23 Juli.

Menurut dia,  ada lima tahapan yang dilalui berupa seleksi admnistrasi, uji kompetensi, test kesehatan dan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)-2. Kemudian, tahap penulisan naskah, serta tes presentasi dan wawancara.

“Sebelum masuk tahapan ini, kita melakukan pendaftaran dan penerimaan. Setelah itu, masuk tahapan demi tahapan,” ucap dia.

Dia berharap, dengan adanya Sekda definitif, seluruh kegiatan maupun program Pemkot Depok bisa berjalan dengan baik dan semestinya.

“Plt Sekda tidak bisa menjalankan tugas secara penuh, karena masih terikat dengan jabatan lainnya. Dengan adanya Sekda definitif, mudah-mudahan tugas dan fungsi Sekda bisa berjalan dengan baik,” terang dia.

Baca juga: Insentif Nakes Rp30 Miliar Dibayar Lunas, Mendagri Minta Daerah Lain Contoh Depok

Sebelumnya,  Kepala  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM Kota Depok Supian Suri dilantik sebagai Sekretaris Daerah atau Sekda Kota Depok pada Kamis 22 Juli.

Kegiatan pelantikan yang langsung disiarkan channel YouTube Pemkot Depok ini dihadiri sejumlah penjabat di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada undang undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Supian Suri bersumpah.

Delapan orang pejabat setingkat Kepala Dinas mengikuti kegiatan ini. Termasuk juga Kepala BKPSDM Kota Depok kala itu, Supian Suri. Berdasarkan informasi yang berhasil digali, dari 8 orang itu Supian merupakan calon termuda. (lala/*)