Giliran 17 Santri Pondok Pesantren Babussalam Cimanggis Positif COVID-19

Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)
Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)

DepokToday – Setelah seorang siswa SMPN 10 dinyatakan positif COVID-19, kini 17 santri di Pondok Pesantren Babussalam yang ada di Kecamatan Cimanggis, diketahui juga positif virus asal China itu.

Kepala  Kantor Kementerian Agama Kota Depok, Asnawi membenarkan hal tersebut. Saat ini menurut dia, seluruh santri di pondok pesantren itu telah mendapat penanganan dan tengah menjalani isolasi mandiri. “Sudah itu minggu lalu. Dilaporkan pada hari Sabtu (16/10),” jelas Asnawi pada Kamis 21 Oktober 2021.

Setelah mengetahui kabar itu, satgas COVID-19 tingkat kecamatan datang ke lokasi, namun, pengurus pesantren itu dilaporkan  tidak kooperati. Adanya kondisi itu membuat tim dari Kemenag Depok turun tangan dan barulah mereka bersedia bekerjasama.

“Itu kan awalnya informasinya setelah ditemukan ada kasus, informasinya katanya pesantrennya kurang proaktif para pimpinannya. Tapi setelah tim kami para penyuluh datang ke sana, alhamdulillah nggak ada masalah sudah tertangani untuk isolasi,” ungkap dia.

Baca Juga: Viral, Pria Ini Dikejar Istri Bersamaan Dengan Maling dan Kucing

Tracing dan testing kata dia telah dilakukan bagi mereka yang kontak erat mereka yang positif, namun dia mengaku, kegiatan belajar dan mengajar di lokasi itu masih dilakukan oleh pihak pesantren.

“Kalau kebijakan ditutup atau tidak itu kan pesantren beda ya lembaga pendidikannya. Kalau pesantren kan semuanya tergantung pada pimpinannya, tapi kita pemerintah menyarankan agar yang terpapar untuk diisolasi mandiri di suatu tempat, kemudian yang kira-kira agak parah bisa dibawa ke rumah sakit,” ungkap dia.

Sementara itu, Penyuluh Agama Islam pada Kecamatan Cimanggis, Abdul Hajar mengatakan, pihaknya datang ke lokasi pada Minggu 17 Oktober 2021. Dari sana, testing dan isolasi dilakukan pada mereka yang positif.

“Kita terkait penyuluh hanya sosialisasi pak ya, terus kita beritahukan kepada satgas Covid yang ada di kecamatan,” papar dia.

Pihaknya juga memastikan jika isolasi dan perawatan bagi mereka yang positif dilakukan semaksimal mungkin. (lala/*)