100 Wartawan Depok Ikut Rapid Test Corona

Seorang wartawan di Kota Depok mengikuti rapid test virus Corona atau Covid-19 di Rumah Sakit Bunda, Jalan Margonda.(Istimewa)

MARGONDA– Sebanyak 100 wartawan yang setiap harinya meliput berita di wilayah Kota Depok, mengikuti rapid test (periksa cepat) virus Corona (Covid-19) di Rumah Sakit Bunda, Jalan Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji,  Senin (6/4/2020).

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kota Depok, Rina Ratna Purnama, mengungkapkan, ratusan pemburu berita tersebut terdiri dari berbagai media baik nasional maupun lokal di Kota Depok.

Ide rapid test ini didukung oleh Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna dan pihak Rumah Sakit Bunda, Margonda. Rencananya, proses pemeriksaan akan dibagi dua sesi sampai dengan Selasa, 7 April 2020.

“Alhamdulillah teman-teman wartawan yang berrtugas di Depok maupun berdomisili di Depok ini sangat antusias melakukan rapid test. Ini adalah bentuk perhatian yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kami para awak media,” katanya kepada DepokToday.

Untuk sesi awal, rapid test dilakukan pada sekira 50 jurnalis. Sisanya akan dilanjutkan besok (Selasa, 7/4/2020).

Rina mengatakan, rapid tes sangat perlu dilakukan oleh para jurnalis, karena termasuk dalam kelompok orang yang rentan terpapar lantaran berada di lapangan dan bertemu dengan berbagai nara sumber.

“Kalau menhurut saya ini penting karena banyak dari kami yang tetap bekerja di lapangan, meski ada juga yang bekerja dari rumah. Sehingga wajib bagi kami menjalani rapid test ini,” ucapnya.

Wartawati Harian Sindo ini tak menampik jika profesi tersebut memiliki resiko yang cukup tinggi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna, yang turut hadir dalam kegiatan ini berharap, rapid test Covid-19 yang diikuti 100 wartawan di Kota Depok ini hasilnya negatif.

“Insya Allah ini adalah dalam rangka berbuat untuk kebaikan, saya berdoa semoga semua hasilnya negatif dan teman-teman bisa menjalankan fungsi dan tugasnya dalam mengawal pekerjaan Pemerintah Kota Depok,” tuturnya.

Pradi menyatakan, wartawan sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi memiliki peran yang cukup penting dalam percepatan penanganan Covid-19, khususnya di Kota Depok.

“Tolong supportnya juga dalam pemberitaan bahwa penyakit ini bisa disembuhkan, dan juga tetap waspada dalam bertugas,” tegas Pradi.

(rdt/*)