10 Tim Pemuncak Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika

Hasil keseluruhan pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika.(Foto: Twitter/CAF)
Hasil keseluruhan pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika.(Foto: Twitter/CAF)

DepokToday-Pertandingan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika selesai dipertandingkan pada Rabu, 8 September 2021 waktu setempat.

Dari dua kali pertandingan yang sudah dimainkan, sebanyak 10 tim berhasil memuncaki klasemen sementara Grup A sampai J.

Di Grup A, Aljazair memimpin dengan empat poin hasil sekali menang dan satu kali imbang. Laga terakhir yang dilakoni Aljazair berakhir imbang 1-1 melawan Burkina Faso, dua hari lalu.

Klasemen sementara Grup A sampai D Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika.(Foto: Twitter/CAF)
Klasemen sementara Grup A sampai D Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika.(Foto: Twitter/CAF)

Tunisia memimpin klasemen Grup B dengan poin sempurna. Dari dua kali bermain, Tunisia melumat semua laga dengan kemenangan masing-masing atas Guinea Khatulistiwa 3-0 hari Sabtu, 4 September 2021, dan Zambia 2-0, Selasa 7 September.

Poin sempurna juga dikumpulkan Nigeria yang menempati posisi pertama Gup C. Kemenangan dari Liberia 2-0 dan Tanjung Verde 2-1 membawa Nigeria ke puncak klasemen.

Pantai Ganding menjadi penguasa sementara Grup D dengan empat poin. Kemenangan terakhir disegel Pantai Ganding atas Kamerun 2-1, di mana sebelumnya mereka memetik hasil imbang dengan Mozambik 0-0.

BACA JUGA: Rangkuman Hasil Pertandingan 6 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

BACA JUGA: Kemenangan Iran Berlanjut di Kualifikasi Piala Dunia 2022

BACA JUGA: Australia Benamkan Vietnam, Jepang Bangkit dari Kekalahan

BACA JUGA: Kemenangan Perdana AS di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf

Mali dengan empat poin berada di urutan teratas Grup E, kemudian Libya dengan jumlah enam poin mengungguli Mesir di klasemen Grup F.

Afrika Selatan masih menjadi yang terbaik dengan mengambil puncak klasemen Grup G dengan empat poin. Senegal juga tidak mau kalah saing. Dua kemenangan beruntun menjadikan Senegal sebagai pimpinan Grup H dengan total enam poin.

Klasemen sementara Grup E sampai J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika.(Foto: Twitter/CAF)
Klasemen sementara Grup E sampai J Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika.(Foto: Twitter/CAF)

Untuk posisi pertama di Grup I ditempati oleh Guinea-Bissau dengan empat poin, unggul satu angka dari Maroko yang baru melakoni satu pertandingan. Dan terakhir, Tanzania menjadi tim pemuncak klasemen di Grup J hasil dari satu kali menang dan satu kali main imbang.

Sekadar informasi, Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) masih menggunakan format kualifikasi yang digunakan sebelumnya pada kualifikasi Piala Dunia 2014.

Di babak kedua ini, 40 tim yang terbagi dalam 10 grup akan bersaing memperebutkan 10 tempat di babak ketiga. Pada babak ketiga nanti, 10 pemenang grup babak kedua akan bermain dua leg (kandang dan tandang). Di fase ini, lima pemenang lolos ke Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

(tdr)