10 Buah yang Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes, Gula Darah Auto Naik Dibuatnya

Macam-cama buah-bauhan. (Foto: Istimewa)
Macam-cama buah-bauhan. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Memakan buah sebetulnya dapat mencegah penyakit diabetes.  Namun, sejumlah buah ini ternyata sebaiknya dihindari bagi penderita diabetes.

Buah-buah yang  sebaiknya dihindari ini dikarenakan kandungan gula yang cukup tinggi di dalamnya. Tentunya hal itu mampu membuat gula darah di dalam tubuh melonjak.

Melansir dari pikiran rakyat, The National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, bahkan merekomendasikan agar penderita diabetes memasukkan buah-buahan sebagai bagian dari diet seimbang.

Ini dia 10 buah yang memiliki kandungan gula yang tinggi:

1.Mangga

Setiap 100 gram buah mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah.

Meskipun ‘Raja Buah’ adalah salah satu buah paling enak di dunia, namun harus dihindari karena kandungan gulanya yang tinggi.

Konsumsi secara teratur dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berkepanjangan.

2.Sapota (Chikoo)

Dikenal juga sebagai sawo, buah ini mengandung sekitar 7 gram gula dalam setiap 100 g dalam 1 porsi.

Nilai indeks glikemik (GI) (55) buah, serta kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, bisa sangat berbahaya bagi seseorang yang menderita diabetes.

3.Anggur

Kaya akan serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya, anggur juga mengandung jumlah gula yang baik.

Anggur tidak boleh ditambahkan ke makanan penderita diabetes karena 85 g anggur dapat mengandung karbohidrat setinggi 15 g

4.Aprikot Kering

Meskipun aprikot segar dapat ditambahkan ke dalam diet diabetes, orang tidak boleh mengonsumsi buah-buahan olahan seperti aprikot kering.

Satu cangkir bagian aprikot segar memiliki 74 kalori dan 14,5 g gula alami.

5.Buah Plum

kering Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Dengan nilai GI 103, plum mengandung 24 gram karbohidrat dalam porsi seperempat cangkir.

6.Nanas

Meskipun relatif aman mengonsumsi nanas saat menderita diabetes, konsumsi berlebihan dapat merusak kadar gula darah Anda.

Kontrol konsumsi Anda dan pantau perubahan kadar gula darah Anda.

7.Custard Apple

Meskipun merupakan sumber vitamin C, kalsium, zat besi dan serat yang baik, custard apple bukanlah pilihan terbaik untuk penderita penyakit ini.

Satu porsi kecil sekitar 100 g bisa mengandung karbohidrat setinggi 23 gram.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, penderita diabetes bisa makan apel custard tetapi harus sangat berhati-hati.

8.Semangka

Rendah serat dan kalori, semangka memiliki nilai GI 72 setengah cangkir saji dapat mengandung sekitar 5 gram karbohidrat.

Menjadikannya salah satu buah yang dapat dikonsumsi dalam porsi yang sangat kecil.

Baca Juga: Tanggapi Pernyataan Wamen ATR Tentang Polusi Udara di Depok, Pengamat UI: Ini Permasalahan Lingkungan yang Sebenarnya

9.Pepaya

Memiliki nilai GI rata-rata 59, pepaya kaya akan karbohidrat dan kalori.

Jika ditambahkan ke makanan penderita diabetes, itu harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas untuk menghindari peningkatan gula darah.

10. Olahan buah Seperti Jus Buah

Jus buah 100 persen, terbuat dari buah apa pun, harus dihindari oleh individu yang menderita diabetes karena dapat menyebabkan lonjakan glukosa.

Karena jus ini tidak mengandung serat, jus dengan cepat dimetabolisme dan meningkatkan gula darah dalam beberapa menit.

Sebenarnya anda penderita diabetes masih boleh mengkonsumsinya, namun haru sdengan takaran yang tidak berlebihan. Selain itu jangan terlalu sering makan buah-buahan tersebut. (lala/*)