1.094 Peserta Lolos Seleksi UI

Taman UI. Guru Besar UI, Himahanto Juwana mendesak konflik yang terjadi pada Palestina dan Israel harus dihentikan demi kemanusiaan. (Istimewa)
Taman UI. Guru Besar UI, Himahanto Juwana mendesak konflik yang terjadi pada Palestina dan Israel harus dihentikan demi kemanusiaan. (Istimewa)

DEPOK- Dari sebanyak 16.474 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021, hanya sekira 1.094 orang yang berhasil masuk ke Universitas Indonersia (UI).

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI) Gunawan, mengatakan, pada tahun ini, UI menerima mahasiswa baru jenjang S1 melalui tiga jalur penerimaan, yaitu kuota SNMPTN 20 persen, kemudian Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 30 persen.

Baca Juga: Heboh, Toko Kue Berhadiah Emas Bikin Macet Margonda

Berikutnya, untuk Seleksi Masuk (SIMAK) UI yaitu ujian seleksi terpadu yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50 persen.

Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada SNMPTN 2021 dapat kembali mencoba kesempatan seleksi UTBK-SBMPTN 2021 yang perdaftaran masih berlangsung hingga 1 April 2021, dan atau mengikuti seleksi SIMAK UI dengan periode pendaftarannya 3 Mei – 9 Juni 2021.

“Selamat atas keberhasilan adik-adik para calon mahasiswa baru UI yang telah berhasil lulus dan unggul di antara belasan ribu peminat UI melalui jalur SNMPTN. Namun, bagi mereka yang belum lulus, jangan putus semangat, tetap berjuang mempersiapkan diri menuju seleksi-seleksi berikutnya dan kesempatan masih terbuka luas,” ujarnya dikutip pada Selasa 23 Maret 2021

Lebih lanjut, Gunawan juga mengungkapkan bahwa pada tahun ini, sejumlah program studi (prodi) yang paling banyak diminati oleh peserta SNMPTN 2021 dari jurusan IPA adalah Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi, sedangkan pada prodi rumpun sosial humaniora yang paling banyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Manajemen, dan Psikologi.

“Berkenaan dengan situasi pandemi Covid-19, UI menetapkan proses verifikasi secara online,” katanya

Untuk itu, kata dia, bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima di UI melalui SNMPTN 2021 diwajibkan untuk mengunggah kartu tanda peserta SNMPTN tahun akademik 2021/2022 dan scan rapor asli semester 1 sampai 5 di laman www.penerimaan.ui.ac.id mulai 23 – 31 Maret 2021 pukul 23.59 WIB.

“Dokumen yang diunggah harus dalam bentuk pdf. Calon mahasiswa baru dinyatakan mengundurkan diri apabila pada jadwal yang telah ditentukan tidak mengunggah dokumen. Lebih lanjut, Peserta yang lolos verifikasi rapor akan diumumkan di laman penerimaan.ui.ac.id pada tanggal 5 April 2021.”

Usai tahapan verifikasi rapor tersebut di atas, maka calon mahasiswa dapat lanjut ke tahap berikutnya, yaitu tahap pengisian data dan pra-registrasi pada tanggal 5 – 19 April 2021.

Hasil SNMPTN 2021 dapat dilihat melalui laman https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/ dan atau http://snmptn.ui.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Informasi registrasi (daftar ulang) mahasiswa baru UI yang diterima melalui SNMPTN 2021 dapat dilihat melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id dengan mengisikan nomor peserta SNMPTN.

“Kami juga mengimbau bagi para calon mahasiswa untuk rutin mengecek informasi/pengumuman di situs www.penerimaan.ui.ac.id maupun sosial media UI, seperti twitter dan instagram @univ_indonesia agar selalu terinformasi mengenai jadwal seleksi. Mengingat pada situasi wabah Covid-19, perubahan jadwal sangat mungkin terjadi.” (rul/*)