1.065 Personel Gabungan Amankan Natal & Pergantian Malam Tahun Baru 2020

Suasana rapat pemetaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di Mapolres Metro Depok.(Foto: Istimewa)

MARGONDA-Sebanyak 1.065 personel gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI dan Pemkot Depok akan dikerahkan dalam pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2020.

Kapolres Metro Depok, AKBP Azis Andriansyah, menuturkan, khusus ketika perayaan Natal, akan diaktifkan pengamanan swakarsa yang terdiri dari elemen masyarakat dan internal gereja.

“Kami siasati dengan melibatkan kewilayahan (PAM Swakarsa), dan membagi personel melihat banyaknya tempat ibadah umat Nasrani di Depok. Lebih kurang ada 143 gereja,” Ucap AKBP Azis kepada wartawan di Mapolres Metro Depok, Jalan Margonda, Rabu (18/12/2019).

Sedangkan untuk pergantian malam tahun 2019 menuju 2020, pihaknya mewaspadai kegiatan masyarakat di pusat perbelanjaan dan arus lalu lintas.

“Kami juga mempersiapkan personel untuk menghadapi potensi kerawanan lainnya seperti bencana alam banjir dan puting beliung,” jelasnya.

Dikatakan AKBP Azis, personel keamanan terbagi menjadi dua sistem yaitu terbuka dan tertutup. Hal tersebut, terang dia, dilakukan untuk menjamin kondusifitas jalannya perayaan kedua moment tersebut.

“Kita gunakan sistem terbuka yang diisi  personel berseragam dan bersenjata lengkap mereka ploting di satu tempat, ada juga yang berkeliling (mobile). Sedangkan sistem tertutup yaitu personel menggunakan pakaian preman. Mereka dibagi ada yang menempati ring luar, untuk mengeliminir kejahatan lain,” pungkasnya.(rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here